Jumat, 16 Desember 2016

Bagaimana tanggapan terhadap seni teater tradisi daerah

Memberikan tanggapan terhadap karya seni teater sama halnya dengan melakukan kegiatan pengamatan, penilaian, dan penghargaan terhadap karya seni teater. Pada tahap pengamatan, kamu sudah mengetahui dan mengenal beberapa jenis dan bentuk teater daerah yang secara langsung kamu dapat menilai seni teater tersebut. Dalam menilai karya seni, tentu ada kriteria yang harus dipenuhi antara lain sebagai berikut.

1. Tema
Tema adalah cerita atau pokok pikiran yang merupakan ide dasar seseorang (penulis). Beragam ide tema bisa didapatkan dari berbagai hal seperti dengan melihat, mendengar, merasakan, berimajinasi, atau dari keadaan alam dan sosial sekitar. Adapun tema yang terkandung dalam seni teater daerah yaitu seputar kehidupan sehari-hari, perjuangan, tradisi, petuah atau wejangan/nasihat, cerita religius, cerita kebaikan, kisah pewayangan (Mahabharata dan Ramayana), dan tema percintaan.
2. Isi
Isi dalam seni teater adalah keseluruhan cakupan yang melatarbelakangi pertunjukan teater dan unsur yang terkandung di dalamnya. Isi cerita harus memiliki beberapa unsur agar menarik. Aspek tersebut yaitu sebagai berikut.
a. Unsur Intrinsik
Unsur intrinsik adalah unsur yang ada di dalam konteks teater. Unsur ini akan membuat sebuah teater memiliki alur cerita yang baik dengan karakter tokoh dan latar yang jelas.

1) Tokoh dan karakter
Setiap tokoh dalam teater mempunyai karakter atau watak tertentu. Karakter atau watak para pemain berbeda-beda sesuai dengan peran yang dimainkan. Contohnya, tokoh Panji yang biasanya berkarakter bijaksana, lembut, dan berwibawa. Sementara itu, tokoh Rahwana biasanya berkarakter bengis, kotor, kejam, dan menyeramkan. Untuk karakter raja, biasanya ia berwibawa, mewah, dan bijaksana.

Baca juga cara penyajian teater tradisi daerah

2) Alur cerita
Alur cerita adalah keseluruhan peristiwa
yang membentuk satu kesatuan. Tiap peristiwa memiliki keterkaitan dan jalinan yang tidak putus dan saling melengkapi. Alur cerita atau disebut cerita biasanya dibagi dalam lima tahapan berikut.
  1.  Pengantar (tahap perkenalan) yaitu tahap perkenalan pemain dengan penonton lewat dialog, penampilan (baik kostum maupun wajah), peran (baik peran utama, pembantu, maupun figuran), dan tata cara berperan.
  2.  Penampilan masalah adalah tahap pertikaian antara pemain yang satu dan pemain lain, tetapi masih dalam posisi awal dan sederhana.
  3. Puncak ketegangan adalah tahap klimaks. Pada tahap ini, pertikaian sudah mengalami tingkat yang tidak terkendali. Bentrokan fisik atau  dialog sudah memanas. Misalnya, terjadi perkelahian, adu mulut, pengerasan kata-kata, perang hebat, kemesraan yang memuncak, atau sebuah perjalanan yang memilukan dan meletihkan.
  4. Ketegangan menurun yaitu tahap peleraian (anti klimaks). Pada tahap ini, pertikaian pemain sudah menurun. Hal ini bisa terjadi karena peperangan telah usai, pihak yang satu telah kalah, perkelahian telah dimenangkan oleh pemain lawan, perjalanan jauh telah menemukan tujuan akhirnya, kemesraan berakhir dengan keputusan, dan sebagainya.
  5.  Penyelesaian yaitu tahap akhir dari semua rangkaian cerita. Pada tahap ini, kondisi telah normal kembali dan biasanya penonton akan melihat kondisi yang lain. Misalnya, kisah percintaan yang berakhir dengan pernikahan atau kisah peperangan yang berakibat matinya sang raja.

3) Dialog
Dialog adalah percakapan yang dilakukan lebih dari satu orang yang dilakukan oleh para pelaku drama yang bersangkutan. Melalui dialog, orang akan mengetahui dan memahami cerita yang dipentaskan. Pada pertunjukan teater, tiap daerah memiliki ciri khas dalam pengucapan dialog, masing-masing mempunyai ketentuan sesuai dialek daerah. Misalnya, dialek Betawi pada pertunjukan lenong, dialek Minangkabau pada pertunjukan randai, dialek Sunda pada pertunjukan longser, dan sebagainya.

4) Latar atau setting
Latar atau setting adalah penempatan ruang, termasuk latar belakang pentas (background). Latar berguna untuk menjelaskan penggambaran yang mencerminkan situasi/suasana/kondisi kejadian tertentu sesuai dengan adegan atau cerita yang sedang dipentaskan. Dalam teater daerah, latar biasanya dibentuk dari penutup kain yang sederhana, ada juga yang dilukis sedemikian rupa seperti dalam pementasan wayang orang. Latar juga bisa dibuat terbuka dengan memanfaatkan tempat pentas, seperti teater di Bali yang memanfaatkan bangunan seperti gapura di bagian latarnya.

b. Unsur Ekstrinsik
Unsur ekstrinsik adalah unsur di luar unsur-unsur intrinsik teater yang mendukung dan turut berperan penting bagi suksesnya pementasan. Unsur ekstrinsik bisa berupa riwayat pengarang cerita, latar belakang sosial budaya pengarang, waktu pembuatan cerita, pengalaman pengarang, dan sebagainya.

3. Amanat
Amanat adalah pesan yang terkandung dalam sebuah pementasan teater. Pesan yang disampaikan dari pertunjukan teater biasanya berbeda-beda sesuai dengan bentuk dan jenis teater. Misalnya, pesan yang terkandung dalam cerita Mahabharata dan Ramayana adalah nasihat yang luhur, yakni perbuatan jahat akan kalah oleh perbuatan yang baik, segala bentuk perjuangan yang gigih akan mendapatkan hasil yang baik, dan sebagainya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana tanggapan terhadap seni teater tradisi daerah

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p