Senin, 31 Oktober 2016

4 macam nilai dalam masyarakat ditinjau dari tujuan penilaiannya

Dalam kehidupan bersama di dalam masyarakat terdapat bermacammacam nilai yang dianut dan diyakini manusia, baik secara pribadi maupun kelompok. Nilai-nilai yang hidup di masyarakat bisa dibedakan menurut tujuan penilaian, proses terbentuknya, dan sumbernya.

Ditinjau dari tujuan penilaiannya, nilai dapat dibedakan menjadi empat macam.
a. Nilai Etika
 Nilai etika ada apabila tujuan penilaian untuk menentukan baik atau buruk dari tingkah laku/perbuatan manusia. Nilai etika merupakan nilai untuk manusia sebagai pribadi yang utuh, misalnya kejujuran. Nilai tersebut sangat berhubungan dengan akhlak, nilai ini juga berkaitan dengan benar dan salah yang dianut oleh golongan atau masyarakat. Nilai etik atau etis sering disebut sebagai nilai moral, akhlak atau budi pekerti. Selain kejujuran, perilaku suka menolong, adil, pengasih, penya- yang, ramah, dan sopan termasuk juga ke dalam nilai ini. Seorang anak yang suka menolong temannya yang membutuhkan pertolongan ialah contoh perbuatan etis (baik, bermoral, berakhlak, dan berbudi).

Apa saja 6 klasifikasi nilai  berdasarkan proses terbentuknya?

b. Nilai Estetika
Nilai estetika ada apabila tujuan penilaian untuk menentukan keindahan, yaitu berhubungan dengan hal-hal yang bagus atau jelek. Nilai estetika atau nilai keindahan sering dikaitkan dengan benda, orang, dan peristiwa yang dapat menyenangkan hati (perasaan). Nilai estetika juga dikaitkan dengan karya seni. Meskipun sebenarnya semua ciptaan Tuhan juga memiliki keindahan alami yang tak tertandingi. Keindahan juga dikaitkan dengan sifat atau perangai manusia, seperti tindak-tanduk dan tutur kata seseorang itu indah. Contoh lain dari nilai keindahan yang dimiliki manusia ialah suara merdu dari seorang penyanyi. Keindahan perangai manusia dapat kita lihat pada saat seseorang sedang melakukan pembacaan puisi atau performance art. Perangai dan gerak tubuh yang ditimbulkan mengandung estetika tersendiri. Walaupun nilai estetika tersebut merupakan pandangan subjektif dari penikmat seni.

c. Nilai Agama
Nilai agama berkaitan dengan menilai hubungan manusia dengan Tuhan, kaitannya dengan pelaksanaan perintah dan larangan-Nya. Nilai agama berkaitan dengan ajaran Tuhan Yang Maha Esa dalam agama-agama. Nilai agama diwujudkan dalam bentuk amal perbuatan sebagai ibadah kepada Tuhan, misalnya agama mengajarkan perbuatan yang bermanfaat baik di dunia maupun di akhirat, seperti salat, berbakti kepada kedua orangtua, menjaga kebersihan, tidak berjudi dan tidak meminum minuman keras, dan sebagainya.

d. Nilai Sosial
Apabila tujuan penilaian untuk menentukan kualitas hubungan antarmanusia dalam pergaulan hidupnya maka akan tercipta nilai sosial. Nilai ini berkaitan dengan perhatian dan perlakuan kita terhadap sesama manusia di lingkungan kita. Nilai ini tercipta karena manusia sebagai makhluk sosial. Manusia harus menjaga hubungan di antara sesamanya, hubungan ini akan menciptakan sebuah keharmonisan dan sikap saling membantu. Kepedulian terhadap persoalan lingkungan, seperti kegiatan gotong royong dan menjaga keserasian hidup bertetangga, merupakan contoh nilai sosial.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 macam nilai dalam masyarakat ditinjau dari tujuan penilaiannya