Kamis, 12 Januari 2017

Pasar persaingan monopolistik

Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang di dalamnya terdapat sejumlah besar penjual/produsen yang menawarkan barang yang sama, tetapi masing-masing memiliki ciri-ciri khusus.

Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut.

  1. Terdapat banyak penjual/produsen di pasar.
  2. Barang yang diperjualbelikan merupakan differentiated product
  3. Para penjual memiliki kekuatan monopolis atas barang produksinya sendiri. Oleh karena itu, harus memperhitungkan persaingan dengan barang-barang lain yang sama, tetapi  berbeda corak.
  4. Untuk memenangkan persaingan, setiap penjual/produsen aktif melakukan promosi iklan
  5.  Keluar masuk pasar relatif mudah dibandingkan dengan pasar oligopoli.
  6. Jumlah perusahaan sangat kecil dibandingkan dengan output total.
Kelebihan pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut.
1. Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna.
2. Produsen terpacu untuk berkreativitas.
3. Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini.

Baca juga  bentuk pasar menurut waktu dan wilayah

Kelemahan pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut.
  1. Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik karena untuk masuk pangsa pasar tertentu dibutuhkan riset dan pengembangan produk.
  2. Persaingan sangat berat karena pasar biasanya didominasi oleh produk-produk yang telah ternama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pasar persaingan monopolistik