Sabtu, 24 Desember 2016

Tugas dan Keputusan wasit mutlak dalam sepakbola

Dalam permainan sepak bola, sportivitas atau fair play harus dijunjung tinggi oleh setiap pemain. Dalam permainan sepak bola, suatu pertandingan dipimpin oleh seorang wasit yang dibantu oleh dua orang hakim garis. Sebuah permainan akan menarik apabila semua pihak, yaitu pemain dan wasit mematuhi ketentuan persepakbolaan. Seorang pemain harus patuh dan tunduk terhadap keputusan wasit, karena keputusan wasit mutlak dalam permainan sepak bola. Oleh karena itu, wasit harus disiplin dalam menjalankan ketentuan permainan.

Dalam sebuah permainan sepak bola, tugas seorang wasit, yaitu:
  1. Menegakkan peraturan permainan di lapangan.
  2.  Membuat keputusan secara adil dan tidak berat sebelah.
  3. Membuat catatan jalannya pertandingan dan mengganti waktu permainan yang terbuang dengan menambah waktu.
  4.  Memiliki wewenang penuh untuk menghentikan suatu permainan, baik sementara atau seluruhnya. Dalam hal ini, wasit melaporkan secara rinci terhadap pengurus pertandingan.
  5. Wasit wajib menegur pemain sepanjang permainan jika ada pemain yang bersalah. Apabila tetap membangkang, wasit berwenang mengeluarkan dan mencatat pemain tersebut.
  6. Melarang orang lain masuk ke dalam lapangan, kecuali pemain dan kedua hakim garisnya
  7.  Menghentikan permainan apabila ada seorang pemain mengalami cedera berat
  8.  Mengeluarkan pemain yang melakukan permainan kasar, tidak jujur, menghina, atau berkata kotor, termasuk melawan wasit.
  9. Memberikan isyarat untuk memulai kembali permainan setelah dihentikan
  10. Menentukan sah atau tidaknya sebuah bola yang digunakan
  11.  Memeriksa gawang dan jaring.
Seorang wasit dalam setiap pertandingan membawa 2 buah kartu, yaitu kartu kuning dan kartu merah. Kartu berwarna kuning diberikan kepada pemain yang mendapat peringatan cukup keras, sedangkan kartu merah diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran keras atau telah mendapatkan 2 kali kartu kuning dalam permainan yang sedang berlangsung. Hukuman pemain yang diberi kartu merah adalah dikeluarkan dari lapangan, dan tidak boleh bermain dalam 2 kali pertandingan berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tugas dan Keputusan wasit mutlak dalam sepakbola