Rabu, 21 Desember 2016

Tipe lakon komedi

Komedi
Komedi berasal dari kata comoedia (bahasa Latin), commedia (bahasa Italia) berarti lakon yang berakhir dengan kebahagiaan. Lakon komedi seperti halnya lakon tragedi merupakan bagian dari upacara penghormatan terhadap dewa Pallus. Upacara penghormatan ini dilakukan dengan cara melakukan arak-arakan dan memakai kostum setengah manusia dan setengah kambing. Arak-arakan ini menyanyi dan melontarkan kata-kata kasar untuk memancing tertawaan penonton.

Menurut Aristoteles, lakon komedi merupakan tiruan dari tingkah laku manusia biasa atau rakyat jelata. Tingkah laku tersebut merupakan perwujudan keburukan manusia ketika menjalankan kehidupan sehingga mampu menumbuhkan tertawaan dan cemoohan sampai terjadi katarsis atau penyucian jiwa. Perkembangan lakon komedi bisa dikategorikan dalam berbagai tipe lakon komedi berdasarkan pada sumber humornya, metode penyampaiannya, dan bagaimana lakon komedi itu disampaikan. Berikut ini adalah tipe lakon komedi berdasarkan alirannya.


Baca juga tipe lakon melodrama teater barat
  1.  Black comedy (komedi gelap) adalah lakon komedi yang merujuk pada halhal yang meresahkan. Misalnya, kematian, teror, pemerkosaan, dan perang. Beberapa aliran komedi ini hampir mirip dengan film horo
  2.  Character comedy (komedi karakter) adalah lakon komedi yang mengambil humor dari sebuah pribadi yang diciptakan atau dibuat oleh pemeran. Beberapa lakon komedi ini berasal dari hal-hal yang klise.
  3. Improvisational comedy (komedi improvisasi) adalah lakon komedi yang tidak terencana dalam pementasannya.
  4. Observational comedy (komedi pengamatan) adalah lakon komedi yang bersumber pada lelucon hidup keseharian dan melebih-lebihkan hal yang sepele menjadi hal yang sangat penting atau mengamati kebodohan dan kekonyolan yang ada dalam masyarakat dan berharap hal itu diterima sebagai sesuatu yang wajar.
  5. Physical comedy (komedi fisik) adalah lakon komedi yang hampir mirip dengan slaptis, dagelan atau lelucon yang kasar. Komedi lebih mengutamakan pergerakan fisik atau gestur. Lakon komedi sering terpengaruh oleh badut.
  6. Prop comedy (komedi dengan peralatan) adalah lakon komedi ini mengandalkan peralatan yang tidak masuk akal.
  7. Surreal comedy (komedi surealis) adalah lakon komedi yang berdasarkan pada hal-hal yang ganjil, situasi yang absur, dan logika yang tidak mungkin
  8.  Topical comedy (komedi topik/satir) adalah lakon komedi yang mengandalkan pada berita utama dan skandal-skandal yang terpenting dan terpilih. Durasi waktu pementasan komedi ini sangat cepat tetapi komedi ini sangat populer. Misalnya talkshow tengah malam.
  9. Wit atau word play (komedi intelektual) adalah lakon komedi yang berdasarkan pada kepintaran dan kecerdasan.
 Komedi ini seringkali memanipulasi kehalusan bahasa sebagai bahan leluconnya. Para penulis lakon komedi adalah sebagai berikut.
  1. Aristophanes: The Archanians, The Knights, Lysistrata, The Wasps, The Clouds, The Frogs, The Birds
  2. Menander: Dyscolus, Aspis, Georgo, Dis exapaton,Epitrepontes, Colax, misumenos, Perikeiromene, Samia, Sicyonios, Heros, Theophoroumene, Kitharistes, Phasma, Orge
  3. Shakespeare: A Midsummer Night’s Dream, The Comedy of Errors

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tipe lakon komedi