Kamis, 29 Desember 2016

Teknik tendangan dalam pencak silat

Tendangan 
Tendangan merupakan teknik dan taktik serangan yang dipergunakan untuk jarakjangkau jauh dan sedang dengan mempergunakan tungkai sebagai komponenpenyerangan. Dalam olahraga pencak silat, teknik tendangan yang masuk ke sasaranmendapat nilai 2.Teknik-teknik tendangan yang terdapat dalam pencak silat pada prinsipnya dapatdipergunakan untuk menyerang dalam pertandingan olahraga pencak silat. Namun,sebagaimana halnya dengan pukulan, tidak semua teknik dalam pencak silat olahragadigunakan, berdasarkan efisiensi pelaksanaan teknik tendangan dan efektivitas untuk memperoleh angka serta keselamatan pesilat yang melakukan tendangan tersebut. Teknik tendangan yang digunakan pada pertandingan pencak silat olahraga antara lain tendangan lurus, sabit, ”T”, belakang, jejag, dan gajul.

a. Tendangan lurus
Tendangan depan atau lurus adalah tendangan yang dilakukan dengan lintasan lurus ke depan. Perkenaannya pada pangkal jari-jari kaki. Variasi dalam pelaksanaan teknik ini antara lain dengan lompatan.

b. Tendangan sabit
Tendangan sabit adalah tendangan yang dilakukan dengan lintasan dari samping melengkung seperti sabit/arit. Perkenaannya pada punggung kaki. Tendangan ini dapat dilaksanakan dalam posisi kaki berada di depan maupun di belakang dan dapat pula divariasikan dengan lompatan.

c. Tendangan ”T”
Tendangan ”T” adalah tendangan yang dilakukan dengan posisi tubuh menyamping dan lintasan tendangan lurus ke samping. Perkenaannya adalah sisi bagian tajam telapak kaki, telapak kaki, dan tumit. Banyak variasi dalam pelaksanaan tendangan ”T” ini, antara lain ”T” jepret, ”T” gantung, dan ”T” lompat.

Baca juga  ketentuan bertanding kategori tanding pencak silat

d. Tendangan jejag
 Tendangan jejag adalah tendangan yang dilaksanakan dengan posisi tubuh tegak dan lintasan lurus ke depan, perkenaannya adalah tumit. Selintas tendangan ini mirip dengan tendangan depan, namun terdapat perbedaan dalam pelaksanaannya. Jika tendangan depan dilakukan dengan melecutkan tungkai ke depan (seperti gerakan menusuk), sedangkan tendangan jejag dilakukan dengan terlebih dahulu mengangkat lutut setinggi mungkin kemudian mendorong tungkai ke depan sasaran.

e. Tendangan belakang
Tendangan belakang adalah tendangan yang dilakukan dengan terlebih dahulu memutar tubuh dan sikap tubuh membelakangi lawan, denganperkenaan pada telapak kaki atau tumit.

f. Tendangan gajul
Tendangan gajul perkenaannya pada tumit, sedangkan lintasannya adalah dari arah atas ke bawah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teknik tendangan dalam pencak silat