Rabu, 28 Desember 2016

Sistem perhitungan angka dalam permainan bulu tangkis

Sistem Penghitungan Angka
Sistem perhitungan angka dalam permainan bulu tangkis telah beberapa kali mengalami perubahan, mulai dari sistem klasik pindah bola 15 poin sampai terbaru, yaitu sistem reli poin.

a. Sistem klasik
Sistem klasik hanya berlaku sampai tahun 2002. Sistem ini menggunakan sistem pindah bola atau dengan kata lain hanya pemain/pasangan yang melakukan servis yang dapat meraih point. Seorang/sepasang pemain akan memenangkan pertandingan jika telah memenangkandua set permainan.
 
b. Sistem 5 × 7 poin
Sistem ini hampir sama dengan sistem klasik, yaitu masih menggunakan sistem pindah bola atau dengan kata lain hanya pemain/pasangan yang melakukan servis yang dapat meraih point, tetapi pada sistem ini, seorang/sepasang pemain baru akan memenangkan pertandingan jika telah memenangkan tiga set permainan. Sistem ini hanya berlaku dari Januari sampai Agustus 2002.

c. Kembali ke sistem klasik
Mulai dari Agustus 2002 sistem perhitungan angka ke sistem klasik dengan sedikit
perubahan.

d. Sistem Reli 3 × 21 poin
Sistem ini adalah pengganti sistem klasik. Sistem ini mulai diberlakukan pada bulan Mei 2006 sampai dengan sekarang. Dalam sistem ini tidak ada perbedaan perhitungan, baik untuk tunggal, ganda, putra dan putri perhitungannya tetap sama. Dalam sistem ini setiap pemain yang melakukan kesalahan maka lawan akan mendapatkan poin. Seorang/sepasang pemain akan memenangkan pertandingan jika telah memenangkan dua set permainan dengan sistem perhitungan angka sebagai berikut.
  • Satu set terdiri atas 21 poin.
  • Jika terjadi kedudukan 20 sama, maka akan terjadi jus 2 (permainan akan berakhirpada poin 22).
  • Jus 2 akan otomatis jika kemudian terjadi lagi kedudukan sama (permainan akan berakhir dengan selisih 2 poin).
  • Jika terjadi kedudukan 29 sama, tidak lagi diberlakukan jus (permainan akan berakhir).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sistem perhitungan angka dalam permainan bulu tangkis