Senin, 19 Desember 2016

Gaya seni teater barat Post-Realistic


Dalam abad ke-20, seniman seni teater melakukan banyak usaha untuk membebaskan seni teater dari batasan-batasan konvensi tertentu (presentasional dan representasional) dan berusaha memperluas cakrawala kreativitas, baik dari sisi penulisan lakon maupun penyutradaraan. Gaya ini membawa semangat untuk melawan atau mengubah gaya realisme yang telah menjadi konvensi pada masa itu. Setiap seniman memiliki caranya tersendiri dalam mengungkapkan rasa, gagasan, dan kreasi artistiknya. Banyak percobaan dilakukan sehingga pada masa 1950-1970 di Eropa dan Amerika gaya ini dikenal sebagai gaya teater eksperimen. Meskipun pada saat ini banyak teater yang hadir dengan gaya realisme, kecenderungan untuk melahirkan gaya baru masih saja lahir dari tangan-tangan kreatif pekerja seni teater. Banyak gaya yang dapat digolongkan dalam post-realistic. Beberapa di antaranya sangat berpengaruh dan banyak di antaranya yang tidak mampu bertahan lama. Unsur-unsur gaya post-realistic antara lain sebagai berikut.
  1.  Mengombinasikan antara unsur presentasional dan representasional.
  2.  Menghilangkan dinding keempat (the fourth wall), dan terkadang berbicara langsung atau kontak dengan penonton
  3.  Bahasa formal, sehari-hari, dan puitis digabungkan dengan beberapa idiom baru atau dengan bahasa slank.
a. Simbolisme
Simbolisme adalah sebuah gaya yang menggunakan simbol-simbol untuk mengungkapkan makna lakon atau ekspresi dan emosi tertentu. Meskipun pada awalnya gaya ini muncul di Prancis (1180), baru memegang peranan berarti pada 1900. Simbolisme lahir sebagai pemberontakan terhadap aliran realisme, khususnya pada pemanggungan yang dipengaruhi oleh karya-karya komponis Richard Wagner. Simbolisme tidak terlalu mempercayai kelima panca indra dan pemikiran rasional untuk memahami kenyataan. Intuisi dipercayai untuk memahami kenyataan karena kenyataan tidak dapat dipahami secara logis, maka kebenaran itu juga tidak mungkin diungkapkan secara logis pula. Kenyataan yang hanya dapat dipahami melalui intuisi itu harus diungkapkan dalam bentuk simbol-simbol. Untuk keperluan tersebut, gaya ini mencoba mensintesiskan beberapa cabang seni dalam pertunjukan seperti seni rupa (lukisan), musik, tata lampu, seni tari, dan unsur seni visual lain. Simbolisme sering juga disebut sebagai teater multimedia.
 
Aliran Simbolisme mengganggap bahwa untuk mengajak penonton menuju kebenaran harus menjauhkan penonton dari konvensi teater Realisme. Penonton harus dibebaskan dari hiruk-pikuk keseharian dan dimasukkan ke dalam dunia musik yang gaib. Harus ada jarak antara seni dan kehidupan nyata sehari-hari. Untuk mewujudkan idenya, kaum Simbolisme membentuk teater sendiri yaitu Theatre d’Art (1890) dan Theatre de I’Deuvre (1892). Teater ini menginginkan pertunjukan, bukan tiruan kenyataan sehingga kaum mereka menolak setting panggung yang ramai dan detail. Latar tidak boleh mencuri perhatian penonton. Latar hanya membantu terciptanya suasana sehingga kata yang diucapkan mencari sendiri lingkungan hidupnya. Oleh karena itu, teater Simbolisme hanya memasang dekor kain polos saja yang memberi arti tak terbatasnya ruang dan waktu. Perhatian penonton diarahkan pada ucapan atau dialog para pelaku sehingga latar dan tata busana didesain sesederhana mungkin agar tidak mencuri perhatian penonton.
Tokoh-tokoh teater Simbolisme antara lain sebagai berikut.
1) Adolphe Appia (1862-1928)
2) Edward Gordon Craig (1872-1966)
3) Federico Garcia Lorca (1899-1936)

b. Surealisme
Surealisme dipengaruhi berkembangnya teori psikologi Sigmund Freud dalam usahanya untuk mengekspresikan dunia bawah sadar manusia melalui  simbol-simbol mimpi, penyimpangan watak atau kejiwaan manusia, dan asosiasi bebas gagasan. Gaya ini begitu menarik karena penonton seolah dibawa ke alam lain atau dunia mimpi yang terkadang muskil, tetapi hampir bisa dirasakan dan pernah dialami oleh semua orang.

c. Ekspresionisme
Istilah ekspresionisme diambil dari gerakan seni rupa pada akhir abad 19 yang dipelopori oleh pelukis Van Gogh dan Gauguin. Gerakan itu kemudian meluas pada bentuk-bentuk seni yang lain termasuk teater. Ekspresionisme sudah ada dalam teater jauh sebelum masa itu, hanya masih merupakan salah satu elemen saja dalam teater. Sebagai suatu gerakan teater, gaya ini baru muncul 1910 di Jerman. Sukses pertama teater ekspresionisme dicapai oleh Walter Hasenclever pada 1914 dengan dramanya “Sang Anak”. Adapun puncak gerakan ini terjadi sekitar 1918 (pada saat Perang Dunia I) dan mulai merosot 1925. Meskipun awalnya ekspresionisme berkembang di Eropa terutama selama Perang Dunia I (1914-1918), namun pengaruhnya menjangkau ke luar Eropa. Beberapa dramawan Amerika yang terpengaruh oleh gerakan ekspresionisme adalah Elmer Rice, Eugene O’neill, Marc Connelly, dan George Kaufman. Pengaruh ini terutama nampak dalam tata panggung dan elemen visual yang lebih bebas. Teknik dramatik dan pendekatan-pendekatan dalam pemanggungan merupakan pengaruh besar ekspresionisme dalam teater abad 20.

d. Absurdisme
Absurdisme menyajikan satu lakon yang seolah tidak memiliki kaitan rasional antara peristiwa satu dan yang lain, antara percakapan satu dan yang lain. Unsur-unsur surealisme dan simbolisme digunakan bersamaan dengan irrasionalitas untuk memberikan sugesti ketidakbermaknaan hidup manusia serta kepelikan komunikasi antarsesama. Drama-drama yang kini disebut absurd, pada mulanya dinamai eksistensialisme. Persoalan eksistensialisme adalah mencari arti “eksistensi” atau “ada”. Apa akibat arti itu bagi kehidupan sehari-hari? Pencarian makna “ada” ini berpusat pada diri pribadi manusia dan keberadaannya di dunia. Dua tokoh eksistensialis yang terkemuka adalah Jean Paul Sartre (1905) dan Albert Camus (1913-1960). Para dramawan setelah Sartre dan Camus lebih banyak menekankan bentuk absurditas dunia itu sendiri. Objek absurd itu mereka tuangkan dalam bentuk teater yang absurd pula. Tokoh-tokoh teater absurd di antaranya, adalah Samuel Beckett, Jean Genet, Harold Pinter, Edward Albee, dan Eugene Ionesco.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gaya seni teater barat Post-Realistic