Sabtu, 01 April 2017

Tiga bentuk Penyajian data kependudukan melalui grafik/diagram

Grafik/Diagram
Penyajian data kependudukan akan lebih mudah dipahami jika ditampilkan dalam bentuk grafik atau diagram. Tentu kamu sudah tahu jenis-jenis grafik atau diagram bukan? Grafik atau diagram pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran.

a. Diagram Garis
Seperti namanya, diagram garis berbentuk garis. Biasanya digunakan untuk melihat perkembangan data penduduk. Diagram ini memuat data-data yang berkesinambungan atau kontinu seperti data jumlah penduduk dari tahun ke tahun.

Diagram Batang
Diagram batang hampir sama dengan diagram garis dalam pembuatannya. Diagram batang digunakan untuk menyajikan kuantitas data penduduk sehingga panjang batang yang digambar sesuai jumlah atau nilai data penduduknya. Sebagai contoh, diagram batangjumlah penduduk menurut kelompok usia serta diagram batang berbentuk piramida seperti di bab sebelumnya.
 
c. Diagram Lingkaran 
Diagram lingkaran digunakan untuk menampilkan beberapa jenis data dan membandingkan kuantitasnya. Diagram lingkaran dibuat dalam bentuk lingkaran (360°) dan jenis data penduduk yang digambarkan disesuaikan dengan nilainya. Data penduduk yang ditampilkan pada diagram lingkaran disajikan dalam persen (%).Misal, penduduk Desa A berjumlah 2.000 jiwa. Dari jumlah itu terdapat anak-anak 600 jiwa, dewasa 1.000 jiwa, serta tua 400 jiwa,  maka persentasenya adalah 30%, 50%, dan 20%.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tiga bentuk Penyajian data kependudukan melalui grafik/diagram